Minggu, 14 Desember 2008

“A Little about COMMUNICATION”


TENTANG ILMU KOMUNIKASI

TENTANG ILMU KOMUNIKASI

Why we need to communicate?


Mengapa kita berkomunikasi? Apakah fungsi komunikasi bagi kita ? dan mengapa kita perlu mempelajari ilmu komunikasi? Jawabanya mencakup beberapa aspek yaitu, Manusia bersifat etnosentris persepsi manusia bersifat subjektif. Manusia selalu menganggap dirinya paling benar , sehingga kita perlu berkomunikasi dan mempelajarinya. Yang kedua adalah komunikasi memenuhi kebutuhan kita sebagai manusia , tanpa berkomunikasi kita tidak akan bisa bertahan hidup. Selain itu juga komunikasi itu rumit , dinamis , dan terikat oleh budaya sehingga kita perlu mempelajarinya secara seksama dan kemajuan IPTEK , khususnya bidang informasi dan komunikasi mendesak kita untuk mempelajari ilmu komunikasi.


Fungsi dan tujuan komunikasi


Mengkomunikasikan sesuatu pasti ada tujuan dan maksud tertentu , beberapa fungsi dan tujuan komunikasi adalah sebagai berikut :

  1. Komunikasi Sosial. Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita , aktualisasi diri , untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagian dan lain-lain.

  2. Komunikasi Ekspresif. Fungsi komunikasi ini tujuan untuk menyampaikan perasaan dan emosi serta untuk mempengaruhi orang lain (sifat persuasif)

  3. Komunikasi Ritual. Bertujuan untuk pemenuhan jati diri manusia sebagai individu , anggota komunitas dan sebagai salah satu unsur alam semesta.

  4. Komunikasi Instrumental . Komunikasi instrumental memiliki beberapa tujuan yaitu menginformasikan, mengajarkan, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan , dan juga mengihibur ( to inform, to educate, to entairtant, to influence )


Definisi, hakikat , dan konteks komunikasi


Komunikasi dalam bahasa latin berasal dari akar kata communis yaitu membuat kebersamaan atau kesatuan. Akar kata dari communis adalah communico yaitu berbagi dalam hal ini yang dibagi adalah pemahaman bersama melalui pertukaran pesan. Dan definisi komunikasi sendiri adalah proses penyampaian pesan antara komunikator kepada komunikan secara tatapmuka maupun tidak dan biasanya terjadi feedback ( adanya umpan balik ).


Definisi komunikasi dibagi menjadi tiga kategori yaitu :

  1. Tingkat observasi atau derajat keabstrakanya.

  2. Tingkat kesengajaan.

  3. Tingkat keberhasilan atau diterimanya pesan.



Hakikat komunikasi


Adanya unsur kesengajaan, adanya motif komunikasi yang menyebabkan seseorang sengaja menyampaikan pesan.

ilmu komunikasi mempelajari bagaimana cara dalam menyampaikan pesan.

Manusia sebagai pengantar pesan ( komunikator ) dan penerima pesan ( komunikan )










Konteks-konteks komunikasi


Komunikasi tidak berlangsung dalam ruang hampa-sosial, melainkan dalam konteks atau situasi tertentu. Secara luas konteks-konteksnya sebagai berikut :

  1. Komunikasi intra pribadi ( komunikasi dengan diri sendiri )

  2. Komunikasi antar pribadi

  3. Komunikasi kelompok

  4. Komunikasi publik

  5. Komunikasi Organisasi

  6. Komunikasi massa






2 komentar: